Macam-macam Sertifikasi

Sertifikasi Berorientasi Produk

Beberapa contoh sertifikasi berorientasi produk, yaitu:
1.      Sertifikasi Microsoft (Microsoft Certified Professional).
 Beberapa contoh paket sertifikasi yang ada di sertifikasi Microsoft antara lain:
a.       MCDBA (Microsoft Certified Database Administrator) merupakan sertifikasi untuk desain, implementasi dan administrator database berbasis pada Microsoft SQL Server database. Microsoft Certified DBA diberikan sebagai pengakuan kemampuan merancang, mengimplementasi, dan melakukan administrasi database Microsoft SQl Server. Untuk mendapatkan sertifikasi MCDBA setiap kandidat harus lulus tiga ujian inti (administrasi SQL Server, perancangan database SQL Server  dan Windows 2000 Sever atau Windows Server 2003.)  dan satu ujian pilihan.
b.      MCAD (Microsoft Certified Application Developers) merupakan sertifikasi dengan menggunakan teknologi Microsoft untuk melakukan pembangunan dan pemeliharaan departemen di level aplications, components, web, atau desktop clients sampai pada back-end data services. Sertifikasi MCAD dibuat oleh Microsoft sebagai respon terhadap kebutuhan  industri akan sebuah sertifikasi yang memungkinkan mereka untuk menunjukkan keterampilan yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan, maintenance, dan  men-deployed aplikasi Web atau desktop berbasis Windows dengan skala kecil sampai menengah. MCAD ditujukan untuk mereka yang lingkup pekerjaannya meliputi pengembangan aplikasi, komponen, atau layanan database dan jaringan berskala kecil sampai menengah pada platform Windows.
c.       MCSD (Microsoft Certified Solution Developers) merupakan sertifikasi untuk melakukan desain dan membangun leading-edge business solution dengan menggunakan Microsoft development tools, technologies platform dan arsitektur Windows. Sertifikat MCSD merupakan salah satu sertifikat TI dengan reputasi yang dikenal baik di kalangan industri. Dengan mengantongi sertifikat MCSD, seseorang dianggap telah mampu mendemonstrasikan kemampuan yang dibutuhkan untuk memimpin sebuah organisasi dalam proses perancangan, implementasi, dan administrasi dari suatu solusi bisnis dengan menggunakan produk Microsoft.
d.      Microsoft Office Specialist merupakan sertifikasi untuk kemampuan penggunaan Microsoft desktop software untuk kepentingan perkantoran. Sertifikasi Office Specialist tersedia dalam tiga jalur: Office 2003 Editions, Office XP, dan Office 2000.

2.      Sertifikasi Oracle.
Beberapa Sertifikasi dari Oracle, yaitu:
a.       OCA (Oracle Certified Associate).
b.       OCP (Oracle Certified Professional).
c.       OCM (Oracle Certified Master).
Untuk mendapatkan sertifikasi Oracle, maka harus menguasai berbagai hal, misalnya:
-          Konsep dasar database.
-          Produk Oracle database server.
-          Creating Oracle database.
-          Mengelola user, keamanan dan profile.
-          Aspek teoritis basisdata.
-          Struktur Oracle.
-          Isu-isu seperti Tuning Overview, Business problems dan yang lainnya.

3.       Sertifikasi CISCO.
Beberapa Sertifikasi dari CISCO, yaitu:
a.    CCNA (Cisco Certified Networking Associate).
b.    CCNP (Cisco Certified Networking Professional).
c.    CCIA (Cisco Certified Internetworking Expert).
Untuk mendapatkan sertifikasi dari CISCO harus menguasai beberapa hal, diantaranya adalah:
-          Mengkonfigurasi Swith and Router.
-          Mengkonfigurasi Acces list untuk mengontrol akses ke peralatan jaringan.
-          Memverifikasi switch and router mampu beroperasi pada standar spesifikasi yang telah ditentukan.

4.       Sertifikasi Novell.
Beberapa Sertifikasi dari Novell, yaitu:
a.       Novell CLP (Novell Certified Linux Professional) merupakan sertifikasi untuk ahli Novell dengan kombinasi sistem operasi Linux dengan kemampuan administrator jaringan.
b.      Novell CLE (Novell Certified Linux Engineer) merupakan sertifikasi lanjutan dari Novell CLP.
c.       Suse CLP (Suse Certified Linux Professional) merupakan sertifikasi dan pengakuan untuk yang menguasai administrasi dalam lingkungan jaringan Linux Suse.
d.      MCNE (Master Certified Novell Engineer) merupakan sertifikasi untuk pemilik yang menguasai administrasi dalam lingkungan jaringan industri.

Sertifikasi Berorientasi Profesi:
            Contoh sertifikasi dari Institute for Certification of Computing Professionals (ICCP):
1.      CCP (Certified Computer Programmer) merupakan sertifikasi untuk para profesional yang bekerja sebagai programer.
2.      CSP (Certified Systems Professional) merupakan sertifikasi untuk para profesional yang bekerja pada bidang analis desain dan pengembangan komputer berbasis komputer.
Contoh Sertifikasi dari  Institute for Certification of Computing Professionals (CompTIA) :
1.       A+ (Entry Level Computer Service) merupakan sertifikasi untuk profesional yang memiliki orientasi pekerjaan di bidang teknisi komputer.
2.      Network+ (Network Support and Administration) merupakan sertifikasi untuk para profesional yang memiliki orientasi pekerjaan bidang jaringan komputer.
Untuk mendapatkan sertifikat tersebut maka kita harus lulus 2 buah ujian, yaitu ujian dengan kode 220-701 dan 220-702. Jika kita baru lulus salah satu ujian saja, maka kita belum bisa mendapatkan sertifikat tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar